PERSIJA JIWA RAGA KAMI

Sabtu, 20 Maret 2010

Andi Malarangeng Harus Jadi Anggota Jakmania


Ditulis Oleh Vzhar
Saturday, 20 March 2010

ImageMenteri Negara Pemuda dan Olahraga pada perbincangan yang disiarkan langsung oleh TVOne pada pukul 19.00 WIB tentang Maraknya kerusuhan supporter sepakbola membuat saya heran, dengan entengnya dia berbicara

* "kalau terjadi kerusuhan di pertandingan sepakbola beri efek jera dengan memberikan hukuman yang tegas bukan dimaafkan saja"
* "Jak Mania yang membawa Senjata Tajam harus diperiksa oleh pengurus the Jakmania dan langsung saja disuruh pulang dan diblacklist dari keanggotaan jakmania"
* "Kursi stadion harus pake nomor supaya tidak berdesak - desakan sehingga tidak terjadi gesekan dan menimbulkan keributan"

Mendengar pernyataan diatas temen saya yang kebetulan berprofesi sebagai aparat keamanan tertawa dan berkomentar “ bapak enak.. ngomong, gak mudah pak ngamanin ribuan the jakmania dengan personil dan peralatan terbatas” , mungkin temen – teman pengurus persija dan panitia pertandingan berpendapat sama.

Menurut penulis dalam kerusuhan supporter sepakbola yang sering terjadi Menteri Negara PEMUDA dan Olahraga lah yang seharusnya bertanggung jawab dan meminta maaf kepada masyarakat Jakarta, hal tersebut tanpa alasan, perlu digaris bawahi kata PEMUDA dalam nomenklatur jabatan yang diduduki oleh pemuda Makassar tersebut mempunyai tanggung jawab yang besar, Kejadian kerusuhan di Stadion UGBK Selasa kemarin sebagian besar adalah PEMUDA, yang menjadi pertanyaan siapakah menteri PEMUDA Republik Indonesia...?

Terlihat jelas kinerja Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga tersebut belum berhasil atau belum sama sekali menyentuh pemuda, bukan hanya beberapa pemuda yang berprestasi di Tingkat Internasional saja yang menjadi indicator keberhasilan kementerian tersebut, tapi bagaimana memberdayakan para pemuda yang tergabung dalam supporter sepakbola menjadi lebih baik dan produktif sehingga industrialisasi sepakbola dapat terwujud.

Seperti Pansus Century yang memberikan rekomendasi kepada presiden, saya pun ingin memberikan rekomendasi buat Bapak Menteri

* Kemenegpora mendukung dan membina organisasi supporter Sepakbola sebagai wadah aktualisasi diri pemuda ke arah yang positif.
* Menteri Negara PORA menjamin dan membina atau minimal nengok ke-15 orang anggota atau pun bukan anggota The Jak yang ditangkap Polisi pada kerusuhan di SUGBK, agar mengerti apa, siapa dan bagaimana pemuda bertindak.

Bila perlu sekali –kali Pak Menteri kita undang untuk ikut nonton pertandingan Persija bukan sebagai menteri tapi sebagai The Jakmania, ikut memberikan yel – yel kemenangan persija, bernyanyi dan menyemangati pemain – pemain Persija ditengah lautan orange the jakmania di Stadion Utama Gelora Bung Karno untuk merasakan bagaimana menjadi supporter sejati.

Bagi saya setiap pertandingan Persija bukan hanya untuk ditonton tapi juga dibanggakan, disupport saat Persija menang atau kalah dari situlah akan timbul virus yang disebut FANATISME.

Saya yakin kalau Pak Menteri menanggapi rekomendasi diatas pandangan tentang supporter sepak bola Indonesia akan berubah.

Bravo Suporter Sepakbola Nasional….

sumber: Jak Online

0 komentar:

Poskan Komentar

Andi Malarangeng Harus Jadi Anggota Jakmania


Bookmark and Share

0 komentar:

Poskan Komentar